Pemerintah Tak Wajibkan Sekolah Internasional Gunakan Bahasa Inggris

Posted: March 19, 2011 in Uncategorized
Jum’at, 18 Maret 2011 | 20:30 WIB

Protes soal program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta (10/6). TEMPO/ Seto Wardhana

TEMPO Interaktif, Jakarta – Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Fasli Jalal mengatakan pemerintah tidak mengharuskan sekolah berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar. Hal itu telah disebutkan dalam Peraturan Pemerintah tentang RSBI dan SBI (Sekolah Bertaraf Internasional).

“Tidak ada keharusan, di peraturan itu hanya disebutkan kata ‘dapat’ menggunakan Bahasa Inggris untuk mata pelajaran tertentu saja,” ujar Fasli ketika dihubungi, Jumat 18 Maret 2011.

Sebelumnya, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengkritik penerapan sekolah bertaraf internasional oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Hal yang dikritik adalah penggunaan Bahasa Inggris dalam kegiatan belajar mengajar. Orientasi belajar siswa, kata dia, harus ditekankan pada pemakaian Bahasa Indonesia yang baik secara lisan dan tulisan.

Fasli menambahkan, Peraturan Pemerintah itu justru mengharuskan sekolah untuk memakai Bahasa Indonesia dalam mata pelajaran seperti PPKN, Bahasa Indonesia dan Sejarah. Sementara mata pelajaran seperti IPA dan Matematika, “Dapat diberikan dalam
bahasa inggris,” ujarnya. “Itu juga kalau sekolahnya memiliki kompetensi untuk menghadirkan guru-gurunya.”

Ia menambahkan, program RSBI dan SBI dibutuhkan oleh Indonesia dan merupakan amanat dari Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Amanat itu lalu diturunkan dalam bentuk Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri. Dalam peraturan yang ada, setidaknya akan ada satu sekolah bertaraf internasional di tiap kabupaten dan kota.

Menurut Fasli, yang dicari pemerintah dalam program sekolah ini adalah tarafnya. Acuan taraf juga menjadi hak sekolah. Misalnya, sekolah dapat mengikuti acuan dari Universitas Cambridge, Inggris. “Kita serahkan ke mereka, yang jelas yang sekolah itu capai harus lebih dari standar nasional,” kata dia.

RIRIN AGUSTIA 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s