TT belum siap terima siswa SMANBI Jambi

Posted: March 12, 2011 in Uncategorized

Selasa, 26 /10/ 2010 12:37

JAMBI – Untuk memindahkan anak-anak yang kini bersekolah di SMAN Bertaraf Internasional (BI) Pondok Meja ke SMA Titian Teras (TT) ternyata tidak semudah dibayangkan. Jika pemindahan siswa tersebut dilakukan dalam waktu dekat ini, pihak SMA TT mengaku tidak mempunyai ruang untuk menampung 90 siswa SMAN BI.
‘’Kalau sekarang tidak mungkin, karena ruang belajar kita terbatas. Dan tidak cukup untuk menampung anak-anak itu,’’ Edi Purwanta, Kepala SMA TT.
Edi Purwanta mengaku sudah mendengar adanya wacana pemindahan siswa SMA TT tersebut, namun hal ini belum disampaikan secara resmi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi. Menurutnya, keputusan bisa tidaknya siswa tersebut dipindah ke SMA TT tergantung pada pemilik yayasan.
Kata Edi Purwanta, ada kemungkinan pihaknya menerima kepindahan siswa SMA BI, tahun depan. Namun, pihaknya terpaksa harus mengurangi kuota penerimaan siswa baru.

‘’Mungkin saja, namun kita harus mengurangi jumlah penerimaan siswa pada tahun berikutnya dan mengalokasikan ruangan yang seharusnya dihuni siswa baru menjadi ruang belajar siswa pindahan tersebut, begitu juga dengan asramanya,’’ sebutnya.
Lalu apa komitmen dari pihak sekolah jika terjadi pemindahan anak-anak tersebut? Menurut Edi, minimal pihak sekolah akan meminta bantuan fasilitas belajar yang sudah tidak layak untuk dipakai anak-anak tersebut saat belajar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Idham Khalid ketika dihubungi kemarin memastikan akan memindahkan siswa SMAN BI ke SMA TT.
Menurut Idham, hal ini berdasarkan hasil rapat antara Disdik dan Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, Sabtu (23/10) lalu. Pasalnya sekolah tersebut dinilai belum layak untuk ditempati siswa belajar, mengingat fasilitas sekolah tersebut belum memadai.

“Kita sudah sepakat dengan Komisi IV DPRD untuk memindahkan anak-anak tersebut. Sekarang kita sedang mengusahakan bagaimana pemindahannya ke SMA Titian Teras. Karena hanya sekolah tersebut yang saat ini memenuhi syarat menjadi sekolah SBI,” sebutnya via ponselnya kemarin.
Mengenai status para siswa tersebut, menurut Idham tidak perlu dipersoalkan. Mengingat anak-anak ini adalah anak pilihan. ’’Itu jangan dipersoalkan, kasihan anaknya. Yang jelas anak-anak ini akan tetap bersekolah di Titian Teras dan tetap dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah. Karena baik swasta ataupun negeri, semuanya tetap menjadi tanggung jawab pemerintah,’’ sebutnya.
Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, Azwan Zahari ketika dihubungi membantah sudah memastikan pemindahan anak-anak tersebut. Menurutnya pihaknya masih mengkaji kembali kelanjutan sekolah pondok meja itu.

”Belum, kita belum memberikan keputusan terkait pembangunan dan pemindahan siswa itu. Kita masih mengkaji kembali persoalan ini,’’ sebut Azwan via ponselnya kemarin.
Dikatakan Azwan, masih ada dua kajian yang masih menjadi pembahasan. Pertama terkait study kelayakan, menurut Azwan pihaknya akan meneliti dan mengumpulkan data terlebih dahulu apakah sekolah ini sudah layak atau belum untuk dipergunakan.

Yang kedua, lanjut Azwan, pihaknya juga akan mengkaji apakah sekolah ini akan diteruskan pembangunannya atau tidak. ’’Kita masih bahas persoalan-persoalan ini, dan belum ada keputuasan,’’ sebutnya.
Sementara itu, Henri Masyhur mengatakan pihaknya memang belum memutuskan pemindahan anak-anak tersebut, namun jika dilihat dari kondisi sekolah yang kini dipakai anak-anak tersebut untuk belajar, maka tidak layak untuk difungsikan.
‘’Memang belum final, namun kondisi sekolah itu juga tidak layak untuk digunakan anak-anak tersebut belajar,’’ sebutnya kemarin.
Pemindahan mungkin saja terjadi, kata Henri, namun pihaknya juga masih melihat apakah anak-anak tersebut bisa disekolahkan di SMA TT. ‘’Yang paling cocok untuk anak-anak tersebut hanyalah sekolah Titian Teras untuk saat ini, namun apakah Titian Teras bisa menampung anak-anak ini, itu yang sedang dipelajari,’’ sebutnya (cr1)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s