SBI jambi dipastikan di tutup

Posted: March 12, 2011 in Uncategorized

Bakal Dijadikan Diklat, Siswa Dipindah ke Titian Teras

(Dikutip dari metro jambi “RSBI Pondok Meja dipastikan tutup”)

SMAN BI Pondok Meja ditutup dan akan diganti sebagai tempat DiklatSMAN BI Pondok Meja ditutup dan akan diganti sebagai tempat Diklat

JAMBI – Ketidakjelasan status Sekolah Menengah Atas Negeri Berstandar Internasional (SMAN BI) yang dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi di Desa Pondok Meja, Muarojambi akhirnya terjawab sudah. Sekolah ini dipastikan ditutup dan bukan merupakan sekolah RSBI seperti yang ditentukan Menteri Pendidikan.
‘’Sekolah di Pondok Meja itu bukan RSBI. Penetapan status RSBI itu dari Menteri namun untuk sekolah itu kan belum pernah ada penetapannya,” ujar Handayani, Anggota Komisi IV kepada wartawan, kemarin.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil kesepakatan dengan Dinas Pendidikan telah diambil kesimpulan bahwa sekolah yang berlokasi di Pondok Meja Muarojambi ini belum mempunyai keputusan dan status RSBI. ‘’Keputusan ini sudah final,’’ ungkapnya.

Sementara soal pembangunannya, sudah dipastikan tidak akan dilanjutkan lagi. Pasalnya anggaran yang ada di APBD 2011 untuk pembangunan sekolah ini sudah dicoret. ‘’Yang ada hanya dana operasional,’’ katanya.

Ditanya lebih jauh mengenai untuk apa dan bagaimana peruntukan gedung ini, Handayani enggan berkomentar lebih lanjut. Dengan alasan Ketua Komisi IV lebih mengetahui.

Anehnya ketika dihubungi kemarin, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Drs H Idham Kholid justru enggan membicarakan hal ini lagi. Ia mengatakan untuk sementara waktu dirinya tidak ingin membahas masalah ini. Karena dirinya diminta para orang tua wali murid untuk tidak memberikan komentar terkait persoalan SMAN BI ini.

‘’Saya no comment lah. Saya sudah diminta orang tua wali murid untuk tidak membicarakan hal ini lagi, karena dianggap meresahkan siswa,’’ sebutnya via ponsel singkat. Namun sebelumnya Idham Kholid pernah mengatakan, pihaknya memang sudah mempunyai kesepakatan dengan Komisi IV DPRD untuk tidak melanjutkan pembangunan gedung SMAN BI ini.

‘’Kita sudah sepakat untuk tidak melanjutkan pembangunan gedung ini. Hanya perbaikan infrastrukturnya saja, seperti jalan dan fasilitasnya. Ini saja tidak dianggarkan lagi,’’ katanya. Ia juga memastikan gedung yang telah menelan dana senilai Rp 43 miliar ini akan dialih fungsikan menjadi gedung serbaguna.

‘’Nanti akan dirubah menjadi gedung Diklat,’’ katanya. Ia juga sudah memastikan akan memindahkan 90 siswa SMAN BI Pondok Meja ke SMA Titian Teras. Bahkan pihaknya sudah berbicara langsung dengan pihak SMA Titian Teras.

‘’Tahun ajaran baru, 90 anak di SMAN BI itu akan dipindahkan ke Titian Teras. Sementara pihak SMA Titian Teras sudah memastikan akan menerima anak-anak itu di empat lokal yang kita minta,’’ katanya. Caranya, lanjut Idham, pihak SMA Titian Teras akan mengurangi jumlah penerimaan siswa di tahun ajaran nanti.

Jika biasanya SMA Titian Teras menerima enam lokal, maka tahun ajaran baru nanti mereka hanya menerima dua lokal saja. Sementara empat lokal berikut asramanya disiapkan untuk siswa SMAN BI.

Setelah ditelusuri, bahkan dalam anggaran 2011, juga anggaran penerimaan siswa baru untuk SMAN BI ini sudah dihapuskan. Artinya tahun depan sekolah ini sudah tidak terima siswa lagi.

Sementara dalam tiga tahun ke depan 90 siswa SMAN BI tetap dibiayai pemerintah. Dalam satu tahunnya satu orang anak mendapatkan Rp 60 juta untuk biaya sekolah dari pemerintah. Artinya dalam tiga tahun sekitar Rp 24 miliar APBD akan tersedot untuk biaya anak-anak ini.

‘’Untuk 90 orang itu, kita anggarkan sekitar Rp 6 miliar pertahunnya. Satu orang sekitar Rp 60 jutaan,’’ kata Idham. Namun anehnya ketika dihubungi kemarin, Idham Kholid justru enggan membicarakan hal ini lagi. Ia mengatakan untuk sementara waktu dirinya tidak ingin membahas masalah ini, karena dirinya diminta para orang tua wali murid untuk tidak memberikan komentar terkait persoalan SMAN BI ini. (cr1)
by : Adytia TT

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s